Detail Cantuman

KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN SENSORI TORTILLA CHIPS SERBUK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa) DAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera)

KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN SENSORI TORTILLA CHIPS SERBUK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa) DAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera)


Tortilla chips merupakan salah satu produk olahan jagung hasil proses pemasakan dengan larutan alkali, penggilingan, pengeringan dan penggorengan. Penelitian ini menggunakan jagung, serbuk ketapang dan tepung daun kelor sebagai bahan dasar pembuatan tortilla. Serbuk ketapang memiliki kandungan protein dan serat dengan jumlah yang cukup banyak sehingga berpotensi digunakan sebagai bahan tortilla, sedangkan tepung daun kelor memiliki kandungan serat dan mineral. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan formulasi tortilla serbuk ketapang dengan penambahan tepung daun kelor yang tinggi protein, serat dan antioksidan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 1 faktor yaitu perbandingan jagung, serbuk ketapang dengan dan tepung daun kelor. Dari faktor tersebut didapatkan 9 perlakuan P1 sampai dengan P9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan kadar serat kasar tertinggi yaitu P8 dengan nilai 3,67%, kadar protein tertinggi pada perlakuan P7 dengan nilai 10,35%, kadar mineral abu tertinngi pada P6 dengan nilai 4,50%, dan kesukaan keseluruhan terdapat pada perlakuan P1 dengan nilai 3,32 (suka).


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang RIFAI NURROHMAN - Personal Name
Yannie Asrie W. S.TP., M.Gizi., M.Pd - Personal Name
Merkuria Karyantina, SP., MP. - Personal Name
Dr. Nanik Suhartatik, S.TP., MP - Personal Name
Edisi
No. Panggil STP 653.7 Rif k II-2021
Subyek
Klasifikasi 653.7
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2021).KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN SENSORI TORTILLA CHIPS SERBUK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa) DAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Media Sosial / Kanal

Facebook UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Youtube UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Instagram UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id