Detail Cantuman

AKTIVITAS ANTIMIKROBIA BEBERAPA JENIS MADU DENGAN PERBEDAAN KONSENTRASI DAN LAMA INKUBASI TERHADAP BAKTERI PATOGEN PADA JUS ALPUKAT (Persea americana Mill)

AKTIVITAS ANTIMIKROBIA BEBERAPA JENIS MADU DENGAN PERBEDAAN KONSENTRASI DAN LAMA INKUBASI TERHADAP BAKTERI PATOGEN PADA JUS ALPUKAT (Persea americana Mill)


Jus alpukat yang diolah tanpa pasteurisasi merupakan produk pangan yang digemari oleh masyarakat karena jus tersebut dianggap alami, segar dan menyehatkan, tetapi jus buah yang tidak dipasteurisasi memiliki cemaran mikrobiologi di atas standar mutu sari buah yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada konsumen. Oleh karena itu perlu adanya bahan tambahan pangan yang mempunyai sifat antibakteri, salah satunya yaitu madu. Madu memiliki kadar gula yang tinggi, pH yang rendah dan kandungan asam organik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen pada jus buah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menentukan aktivitas antibakteri madu pada bakteri patogen jus alpukat dengan menggunakan 3 faktorial yaitu, jenis madu (Apis dorsata, Apis mellifera, Trigona sp dan Randu), perbedaan prosentase konsentrasi madu terhadap jus alpukat (5, 10 dan 15%) serta pada masa inkubasi 0 dan 2 jam. Hasil menyatakan bahwa adanya perbedaan jumlah bakteri patogen pada masingmasing madu dengan perbedaan konsentrasi dan lama inkubasi. Jenis madu Apis dorsata menghambat total bakteri koliform sebesar 98,84% pada konsentrasi 10%, Apis mellifera mampu menghambat total bakteri Staphylococci sebesar 99,04% pada konsentrasi 15%, dan Trigona sp mampu menghambat total bakteri Salmonella-Shigella adalah pada konsentrasi 15%.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang DANASTRI WIJAYA - Personal Name
Akhmad Mustofa, S.TP., M.Si - Personal Name
Dr. Nanik Suhartatik, S.TP., MP - Personal Name
Merkuria Karyantina, SP., MP - Personal Name
Edisi
No. Panggil STP 633 Dan a II-2021
Subyek
Klasifikasi 633
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2021).AKTIVITAS ANTIMIKROBIA BEBERAPA JENIS MADU DENGAN PERBEDAAN KONSENTRASI DAN LAMA INKUBASI TERHADAP BAKTERI PATOGEN PADA JUS ALPUKAT (Persea americana Mill).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Media Sosial / Kanal

Facebook UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Youtube UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Instagram UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id