Detail Cantuman

PEMANFAATAN BEBERAPA VARIETAS JERUK SEBAGAI ANTIMIKROBA ALAMI PADA SAUS KACANG CILOK (Studi kasus untuk penjual cilok di Kecamatan Banjarsari, Surakarta)

PEMANFAATAN BEBERAPA VARIETAS JERUK SEBAGAI ANTIMIKROBA ALAMI PADA SAUS KACANG CILOK (Studi kasus untuk penjual cilok di Kecamatan Banjarsari, Surakarta)


Saus kacang merupakan produk dari kacang tanah yang ditambah beberapa bumbu dan diolah menjadi bentuk pasta. Hasil penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa cilok dan saus kacang yang beredar di kota Surakarta belum layak dikonsumsi. Penambahan air perasan beberapa jenis jeruk diharapkan mampu menghambat pertumbuhan mikroba pathogen pada saus kacang cilok. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan jenis jeruk terbaik dalam menghambat pertumbuhan mikroba cemaran pada saus kacang dari 10 penjual cilok. Pengujian yang dilakukan yaitu menentukan jumlah mikrobia dari Staphylococcus, Koliform, Salmonella-Shigella, Total Plate Count dan total yeastsebelum dan sesudah penambahan air perasan jeruk.
Hasil menunjukkan bahwa penambahan air perasan jeruk purut memberikan hasil terbaik dalam menghambat pertumbuhan bakteri dibandingkan dengan penambahan jeruk nipis dan jeruk limau. Hasil Total Plate Count (TPC) pada sampel dengan penambahan jeruk purut setelah diinkubasi 4 jam adalah 3.5 x 104CFU/ml. Saus kacang dengan penambahan jeruk purut menghasilkan prosentase tertinggi dalam menghambat Total Plate Count yaitu 91,86%, yeast 40,51%, Koliform 21,31%, Salmonella-Shigella 78,09%. Penambahan jeruk nipis dan jeruk limau menghasilkan prosentase tertinggi dalam menghambat Staphylococcus aureus yaitu 93,97% dan 92,54%. Hasil analisa kimia dari sampel saus kacang dengan penambahan air perasan jeruk purut yaitu nilai pH sebesar 3,5, total asam tertitrasi sebesar 0,3057%, aktivitas antioksidan sebesar 29,9 % dan total fenol sebesar 161,9 mg GAE/g sampel. Penambahan air perasan jeruk nipis, jeruk purut dan jeruk limau memiliki potensi ditambahkan dalam saus kacang sebagai senyawa antimikrobia alami.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang IKLIMA MUFADILAH - Personal Name
Dr. Nanik Suhartatik, S.TP., MP - Personal Name
Akhmad Mustofa, S.TP., M.Si - Personal Name
Alm. Dr. Yustina Wuri W. S.TP., M.P. - Personal Name
Edisi
No. Panggil STP 633 Ikl p II-2021
Subyek
Klasifikasi 633
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2021).PEMANFAATAN BEBERAPA VARIETAS JERUK SEBAGAI ANTIMIKROBA ALAMI PADA SAUS KACANG CILOK (Studi kasus untuk penjual cilok di Kecamatan Banjarsari, Surakarta).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Media Sosial / Kanal

Facebook UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Youtube UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Instagram UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id