Detail Cantuman

KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN SENSORI STIK AMPAS TAHU SUBSTITUSI TEPUNG MOCAF DAN PENAMBAHAN BAYAM HIJAU (Amaranthus hybridus L)

KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN SENSORI STIK AMPAS TAHU SUBSTITUSI TEPUNG MOCAF DAN PENAMBAHAN BAYAM HIJAU (Amaranthus hybridus L)


Stiksmerupakan makanan ringandyang berbentukfpanjang pipih memiliki rasafgurih dan renyah yang terbuatsdari bahan dasaratepung terigu, telur, mentega, airddan serta bumbuftambahan. Ampas tahu memiliki potensi untuk dijadikan bahan dalam pembuatan stik karena kandungan protein dan tinggi serat. Selain itu, bahan baku lokal sepertictepung mocaf danvbayam hijau yang kaya akanxgizi seperti kandunganxserat yang dapat memenuhizkebutuhan serat dalam tubuh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik fisik, kimia dan sensori stik yang dihasilkan serta menentukan formulasi stik yang menghasilkan kadar serat dan protein tinggi. Rancangan percobaan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor pertama perbandingan tepung ampas tahu dan tepung mocaf (50 : 150, 100 : 100 dan 150 : 50) dengan penambahan bayam (10%, 20% dan 30%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa formulasi stik dengan penambahan bayam hijau terbaik berdasarkan nilai fisik, kimia dan organoleptik adalah tepung ampas tahu 150 gram, tepung mocaf 50 gram dengan penambahan bayam 60 gram dengan kadar air sebesar 3,742%, kadar abu sebesar 2,353%, kadar protein sebesar 8,317%, kadar serat kasar sebesar 1,997%, kadar lemak sebesar 12,115% dan kadar karbohidrat sebesar 73,473%. Berdasarkan nilai fisik dan organoleptik adalah tepung ampas tahu 50 gram, tepung mocaf 150 gram dengan penambahan bayam 20 gram didapatkan hasil warna 2,467%, flavor tahu 2,200%, flavor mocaf 2,467%, flavor bayam 2,200%, tekstur renyah 3,800% dan kesukaan keseluruhan 3,200%.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang YASSINTA ARNANDA ILENE PUTRI - Personal Name
Yannie Asrie W. S.TP., M.Gizi., M.Pd - Personal Name
Alm. Dr. Yustina Wuri W. S.TP., M.P. - Personal Name
Dr. Nanik Suhartatik, S.TP., MP - Personal Name
Edisi
No. Panggil STP 635.7 Yas k II-2021
Subyek
Klasifikasi 635.7
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2021).KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN SENSORI STIK AMPAS TAHU SUBSTITUSI TEPUNG MOCAF DAN PENAMBAHAN BAYAM HIJAU (Amaranthus hybridus L).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Media Sosial / Kanal

Facebook UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Youtube UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Instagram UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id