Detail Cantuman

KEBIJAKANPENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PONOROGO

KEBIJAKANPENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PONOROGO


Pemerintah Kabupaten Ponorogo selama 7 tahun antara 2012-2018 mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK Republik Indonesia. Opini WTP merupakan opini tertinggi atas LKPD Pemerintah Daerah. Pengelolaan Barang Milik Daerah merupakan salah satu fokus pemeriksaan oleh BPK Republik Indonesia. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui Kebijakan Pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Ponorogo seiring dengan raihan opini WTP yang merupakan opini tertinggi dalam penilaian LKPD Pemerintah Daerah.
Teori Balance Score Card yang dikemukakan oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton merupakan sebuah Teori Manajemen Publik yang dapat dipergunakan untuk melakukan evaluasi kebijakan. Hasil yang diperoleh akan memperlihatkan Pengelolaan Barang Milik Daerah ditinjau dari Perspektif Stakeholder, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Internal dan Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran. Adapun Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif agar dihasilkan kejelasan, mampu diverifikasi, dan mengandung makna yang dapat dijadikan replikasi dari suatu perangkat data kualitatif, apapun kejadian-kejadian yang mendahuluinya.
Hasil akhir yang didapat pada penelitian ini adalah pada Perspektif Stakehoder dengan indikator Pengelolaan kekayaan negara yang optimal, Perspektif Pelanggan dengan indikator Penatausahaan dan pengamanan kekayaan negara yang akuntabel, dan pengawasan dan dan pengendalian yang efektif, Prespektif Proses Internal dengan indikator kajian dan kebijakan yang berkualitas serta menjamin kepastian hukum, Pelayanan Prima, Peningkatan Pemahaman Masyarakat di Bidang Kekayaan Daerah, Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Kekayaan Daerah, dan Peningkatan Monitoring dan Evaluasi serta Kapatuhan Pelaporan Barang Milik Daerah dan yang terakhir pada Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran dengan indikator Peningkatan Pemahaman Pegawai di Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Pengembangan Organisasi yang Andal dan Modern, Perwujudan Good Governance, dan Sistem Informasi Kekayaan Daerah yang Andal secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik. Kesimpulan akhir yang bisa ditarik bahwa Kebijkan Pengelolaan Barang Milik Daerah di Kabupaten Ponorogo apabila kita analisa dengan teori Balance Score Card menunjukkan secara keseluruhan sudah Baik.
Kata Kunci : Balance Score Card, Barang Milik Daerah, Kabupaten Ponorogo


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang JUNI EKO SETYAWAN - Personal Name
Dr. Drs. Suwardi, M.Si - Personal Name
Joko Pramono, S.Sos, M.Si - Personal Name
Edisi
No. Panggil MAP 348.598 Jun k II-2019
Subyek PERATURAN DAERAH
Klasifikasi 348.598
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
PERATURAN DAERAH

Citation

. (2019).KEBIJAKANPENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PONOROGO.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Media Sosial / Kanal

Facebook UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Youtube UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Instagram UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id