Detail Cantuman

IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN PONOROGO

IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN PONOROGO


Budaya Literasi sebagai basis pengembangan pembelajaran efektif dan produktif memungkinkan seseorang terampil mencari dan mengolah informasi yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbasis ilmu pengetahuan abad ini dan abad selanjutnya. Kemajuan teknologi yang pesat dan meningkatnya kebutuhan informasi di era globalisasi ini, pada umumnya masyarakat perkotaan dan pedesaan semakin haus akan informasi yang tepat, cepat dan akurat, baik cetak maupun elektronik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi budaya literasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo. Selain itu, penelitian ini mempunyai menggunakan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan secara sistematis praktik pelaksanaannya mengenai membudayakan membaca. Unit analisis suatu penelitian dalam penelitian ini sebagai subyek yang diteliti adalah berupa individu atau aparatur sipil negara yang memiliki status pekerjaannya tetap di instansi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan KabupatenPonorogo.
Hasil pembahasan penelitian ini menggunakan landasan teorinya George C. Edward III, dengan indikator Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi/sikap dan Struktur Birokrasi. Penemuan hasil penelitian dari aspek komunikasi adalah sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo, dengan berbagai teknik komunikasi melalui banner, perpustakaan keliling ke desa-desa seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo, stiker dan media radio. Data sumberdaya yang dapat dihimpun peneliti yaitu kemampuan para pegawai di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo dalam melaksanakan tugas-tugasnya karena sebagian besar pegawai di institusi ini memiliki pendidikan yang tinggi serta didukung fasilitas-fasilitas kerja yang memadai.
Sedangkan informasi yang diperoleh dari lokasi penelitian tentang disposisi atau sikap ialah adanya persepsi positif dari para pegawai yang menunjukkan pelayanan pengunjung ke perpustakaan dengan baik, dan adanya motivasi positif untuk mendukung pelaksanaan kegiatan dalam rangka membudayakan membaca. Berikut ini data yang diperoleh dari hasil wawancara mengenai struktur organisasi, perlu dilakukan peningkatan pemahaman dalam memaknai implementasi budaya literasi, sebab selama ini masih ada pegawai yang merangkap tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan kebijakan membudayakan minat baca.

Kata Kunci: Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, Struktur Birokrasi.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang NOVITA DWIYANTI - Personal Name
Dr. Qomaruddin, MM - Personal Name
Drs. Aris Triharyanto, M.Si - Personal Name
Edisi Print
No. Panggil MAP 027.5 Nov i II-2019
Subyek PERPUSTAKAAN DAERAH
Klasifikasi 027.5
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2019).IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN PONOROGO.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Media Sosial / Kanal

Facebook UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Youtube UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Instagram UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id