Detail Cantuman

UJI ANTIMIKROBIA EDIBLE FILM PATI KIMPUL (Xanthosma sagittifolium) DENGAN VARIASI JENIS DAN KONSENTRASI EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale)

UJI ANTIMIKROBIA EDIBLE FILM PATI KIMPUL (Xanthosma sagittifolium) DENGAN VARIASI JENIS DAN KONSENTRASI EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale)


Edible film merupakan lapisan tipis yang memiliki fungsi untuk melapisi makanan, dan aman apabila dikonsumsi. Kimpul merupakan salah satu bahan dasar edible film yang baik, karena kandungan amilosa yang tinggi. Amilosa yang tinggi pada kimpul akan membentuk edible film yang kuat dan fleksibel. Edible film juga berfungsi melindungi bahan pangan dari kerusakan akibat aktivitas antimikroba, salah satu bahan pangan yang dapat menjadi agen antimikroba yaitu jahe. Kandungan fenol, flavonoid, terpenoid pada jahe berperan sebagai komponen penyusun minyak atsiri yang memiliki senyawa aktif antimikroba dengan jumlah yang bervariasi tiap jenis jahe. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kemampuan ekstrak jahe dalam menghambat pertumbuhan mikroba pada edible film pati kimpul, menentukan konsentrasi optimal penambahan ekstrak jahe pada edible film pati kimpul yang dapat diterima oleh konsumen, menentukan jenis jahe yang paling baik sebagai penghambat pertumbuhan E. coli dan S. aureus pada edible film pati kimpul, serta menentukan karakteristik edible film pati kimpul dengan penambahan ekstrak jahe. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktorial. Faktor pertama adalah konsentrasi ekstrak jahe (10, 15, dan 20%) sedangkan faktor kedua yaitu jenis jahe (Gajah, Emprit, dan Merah). Hasil penelitian terbaik diperoleh dari perlakuan konsentrasi ekstrak jahe 20% dan jenis Jahe Merah didasarkan pada hasil pengujian antimikroba terbaik. Pada perlakuan ini dihasilkan kadar air 11,70%%, ketebalan 0,09 mm, kuat tarik 1,1 MPA, zona hambat terhadap E.coli 1,1 cm, zona hambat terhadap S. aureus 1,6 cm, warna kuning kecoklatan 2,87, rasa jahe 3,85, aroma jahe 2,90, dan kesukaan keseluruhan 2,69.
Kata kunci: antimikroba, kimpul, edible film, jahe


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang MUTIARA KRISNA PUTRI - Personal Name
Merkuria Karyantina SP., MP - Personal Name
Dr. Nanik Suhartatik STP., MP - Personal Name
Edisi
No. Panggil STP 584.3 Mut u
Subyek JAHE
Klasifikasi 584.3
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
JAHE

Citation

. (2019).UJI ANTIMIKROBIA EDIBLE FILM PATI KIMPUL (Xanthosma sagittifolium) DENGAN VARIASI JENIS DAN KONSENTRASI EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Media Sosial / Kanal

Facebook UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Youtube UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official
Instagram UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SLAMET RIYADI Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id